Wisata sejarah SLG Simpang Lima Gumul Kediri

Wisata sejarah SLG Simpang Lima Gumul Kediri – Monumen Simpang Lima Gumul adalah salah satu ikon baru dari objek wisata lokal yang ada di  kediri. Terletak di persimpangan arah selatan ke Wates/pesantren, Timur Ke Gurah – Utara ke pagu – arah timur laut ke Pare – dan arah ke Barat ke Kota Kediri. Tujuan awal dibangun Simpang Lima Gumul (SLG) adalah sebagai sentra ekonomi baru di Kabupaten Kediri. Sehingga diharapkan roda perekonomian Kediri makin maju.

Wisata sejarah SLG Simpang Lima Gumul Kediri

Wisata sejarah SLG Simpang Lima Gumul Kediri

Sebagai ikon di bangun monumen mirip L’Arch de Triomphe Paris. Orang kediri menyebut Simpang Lima Gumul sebagai  Ka’bah Kediri . Karena kalau lewat Simpang Lima Gumul harus muterin monumen tersebut dan berbentuk kotak mirip ka’bah. Sangat sering orang yang lewat muter terus karena kebablasan jalur belokannya.

Pembangunan monumen ini diawali sejak tahun 2003. Penggagasnya adalah Bupati Kediri saat ini, Sutrisno. Monumen ini tepatnya berada di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem. Ada yang bilang monumen ini terinspirasi dari “Jongko Jojoboyo” Raja Kediri abad XII yang ingin menyatukan lima wilayah di Kediri.

Secara fisik monumen Simpang Lima Gumul ini seluas 804 meter persegi dengan tinggi bangunannya mencapai 25 meter dan ditumpu tiga tangga setinggi 3 meter dari lantai dasar. Angka-angka tersebut menggambarkan tanggal, bulan, tahun, hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 Masehi. Di ke empat sisi monumen ada arca ganesha, lambang kabupaten kediri.

loading...

Fasilitas lain di Simpang Lima Gumul ini adalah Convention Hall atau gedung pertemuan ( dalam tahap pembangunan) ada di selatan monumen, Mall(rencana). Di utara Simpang Lima Gumul ada jalan 2 arah yang cukup luas dan panjang, sehingga sering di buat balapan liar.

Kalau hari libur monumen ini di buka untuk umum dan bisa naik ke atas. Kalau mau mengadakan pentas, event di kediri, Simpang Lima Gumul juga lokasi yg tepat. Jambore nasional VW adalah salah satu event besar terbaru di SLG. Sering juga lomba-lomba di gelar d SLG misal: lomba mewarnai, drag race, dsbnya.

Gumul Paradise Island

Dewasa ini wisata air (water park) adalah wahana yang paling diminati oleh warga masyarakat sehingga hampir disetiap daerah, pemerintah setempat berusaha untuk mengembangkan salah satu jenis wisata tersebut, hal ini diharapkan bisa menjadi salah satu ikon wisata daerah setempat dan sebagai kota tujuan wisata. Wisata air terbaru kebanggaan  Pemerintah Kabupaten Kediri ini  bernama Gumul Paradise Island (GPI) yang juga terletak di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kab. Kediri yang dikelola oleh PT. Panorama Wisata Sejahtera. Lokasi yang sangat strategis, dan terintegrasi dengan  grand design lokasi/tempat wisata di area SLG.

Dengan design dan rancangan yang menarik, diharapkan mampu menjadi salah satu wisata air terbaik di Jawa Timur. Gumul Paradise Island (GPI) menawarkan berbagai macam wahana permainan seperti: Speed slide, body slide, kolam jamur, fun boomerang, kolam bak tumpah,flying fox dll. Selain itu juga disediakan fasilitas penunjang untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung seperti: Toilet, Food Court, Musholla, Loker, giftmart dll. Lokasi yang cukup megah, lokasi parkir luas dan cukup tertata rapi.

Harga Tiket :

Dewasa : Rp 20.000,-

Anak-anak : Rp 15.000,-

Demikian artikel tentang Simpang Lima Gumul, semoga bermanfaat bagi Anda. Artikel yang berkaitan dengan Simpang Lima Gumul

sejarah simpang lima gumul, gumul paradise island, gumul paradise kediri, gumul kediri, gallery gumul, definisi gumul, photo gumul, gumul

Artikel di cari :

sejarah rumah pembantaian wates kediri, simpang lima gumul bahasa inggris, pengalanku di slg dalam bahasa inggris, teks deskripsi tentang tempat wisata di kediri, contoh teks descriptive kediri, sejarah simpang lima purwodadi, sejarah rumah pembantaian kediri, penginapan di sekitar slg, sejarah tugu simpang lima purwodadi, pengalaman wisata di simpang lima gumul, laporan hasil observasi tentang wisata di kediri, kisah rumah pembantaian wates kediri, Asal usul tugu simpang lima purwodadi, contoh deskripsi tempat wisata slg, contoh teks deskripsi SLG, contoh teks deskripsibarang atau benda bahasa jawa, contoh wawancara bertema tempat wisata simpang lima gumul, dari kebun bunga matahari ke simpang lima gumul, describing gumul, foto rumah pembantaian wates kediri tempo dulu

Wisata sejarah SLG Simpang Lima Gumul Kediri | obyek wisata | 4.5