Wisata Pendakian dan sejarah Gunung Arjuno di Jawa Timur

Wisata Pendakian dan sejarah Gunung Arjuno di Jawa Timur

Wisata Gunung Arjuno -Pesona Gunung Arjuna seakan tak pernah habis untuk dieksplorasi. Gunung api tua dan sudah tidak aktif ini menyimpan berbagai keindahan mulai dari wisata alam, budaya, hingga wisata arkeologi. Yang terakhir disebut merupakan salah satu pesona peninggalan budaya zaman kerajaan Majapahit. Gunung Arjuna adalah gunung bertipe strata di Jawa Timur, dengan ketinggian 3.339 m dpl dan berada di bawah Pengelolaan Tahura Raden Soeryo.

Wisata Pendakian dan sejarah Gunung Arjuno di Jawa Timur

Wisata Pendakian dan sejarah Gunung Arjuno di Jawa Timur

Wisata Gunung Arjuna

Gunung yang bernama sama dengan tokoh pewayangan ini bersebelahan dengan gunung Welirang yang yang merupakan gunung yang masih aktif dengan kawah belerangnya. Puncak Gunung Arjuno terletak pada satu punggungan yang sama dengan puncak gunung Welirang. Selain dari dua tempat di atas Gunung Arjuno dapat didaki dari berbagai arah yang lain.

Wisata Gunung Arjuna yang terletak di sebelah barat Batu, Jawa Timur ini juga merupakan salah satu tujuan pendakian. Di samping tingginya yang telah mencapai lebih dari 3000 meter, di gunung ini terdapat beberapa objek wisata. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Kakek Bodo yang juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Arjuna. Meskipun selain objek wisata air terjun Kakek Bodo terdapat pula air terjun lain.

Penemuan terbesar  yang menandai eksplorasi pesona majapahit diawali pada Juni 1988. Secara berturut-turut, misteri lereng Arjuna mulai terungkap dengan ditemukannya bangunan persajian, batu perdupaan, bangunan berundak, arca batu, wadah batu dan gua pertapaan, yang diperkirakan dibuat pada 1400-an.

Hal ini ditunjukkan dengan angka tahun 1364 Saka atau 1442 Masehi yang terpahatkan di balok batu Candi Laras atau Candi Gambir di ketinggian kurang lebih 1400 m.dpl. (koordinat 7°45”53″S 112°35”26″E). Umumnya arca-arca yang tersebar di sekitar lereng hanya menggambarkan manusia biasa dan tidak mengikuti pedoman Ikonografi Hindu, dan tokoh-tokoh wayang tidak ditemukan di sini. Diperkirakan, peninggalan ini berasal dari jaman Majapahit, pada masa pemerintahan Prabu Sri Suhita (1429 – 1447),cucu dari Rajasanagara atau Bhre Hyang Wekasing Sukha Hayam Wuruk.

Demikian artikel tentang Wisata Gunung Arjuna, semoga bermanfaat bagi informasi wisata Anda. Artikel yang berkaitan dengan Wisata Gunung Arjuna, artikel gunung arjuno, misteri gunung arjuno, jalur pendakian gunung arjuno, gunung arjuno, gunung arjuno meletus, sejarah gunung arjuno

Artikel di cari :

Wisata Pendakian dan sejarah Gunung Arjuno di Jawa Timur | obyek wisata | 4.5