Wisata geologi bledug Kuwu di Purwodadi

Wisata geologi bledug Kuwu di Purwodadi – Bagi warga Blora dan Purwodadi mungkin tempat wisata yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Bagi anak kuliah yang di semarang pasti hamper setiap perjalanan naik motor selalu melewati tempat ini. Bahkan pernah jatuh di sini. L . Berikut Artikel tentang Tempat wisata di Purwodadi. Bledug Kuwu adalah sebuah kawah lumpur (mud volcano) yang terletak di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, Propinsi Jawa Tengah. Tempat ini dapat ditempuh kurang lebih 28 km ke arah timur dari kota Purwodadi.

Bledug Kuwu merupakan salah satu obyek wisata andalan di daerah purwodadi, selain sumber api abadi Mrapen, dan Waduk Kedungombo. Obyek yang menarik dari bledug ini adalah letupan-letupan lumpur yang mengandung garam dan berlangsung terus-menerus secara berkala, antara 2 dan 3 menit.

Wisata geologi bledug Kuwu di Purwodadi

Wisata geologi bledug Kuwu di Purwodadi

Lumpur yang disemburkan Bledug Kuwu disertai asap putih yang membubung itu rata-rata mencapai ketinggian 3 meter. Namun pada saat-saat tertentu terjadi letupan keras yang mampu menyeburkan lumpur setinggi 10 meter hingga nampak demikian spektakuler. Letupan keras ini biasanya terjadi pagi buta ketika udara dingin atau saat cuaca mendung.

Adanya  kandungan  garam  ditempat  itu  oleh  masyarakat  setempat  dimanfaatkan  untuk  membuat  garam  secara  tradisional  dengan cara airnya dikeringkan di   glagah  (bambu yang dibelah jadi dua) , ada juga yang membawa lumpur bledug untuk dibawa pulang konon lumpur itu buat lulur di kulit agar kulit terhindar dari penyakit kulit dan tampak lebih cemerlang bagi kulit yang sudah sehat.  jadi bleduk adalah tempat wisata di kabupaten grobogan yang  sangat   menarik   untuk   anda  kunjungi.

Menurut cerita turun temurun yang beredar di kalangan masyarakat setempat, Bledug Kuwu terjadi karena adanya lubang yang menghubungkan tempat itu dengan Laut Selatan (Samudera Hindia). Konon lubang itu adalah jalan pulang Joko Linglung dari Laut Selatan menuju kerajaan Medang Kamulan setelah mengalahkan Prabu Dewata Cengkar yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan. Joko Linglung konon bisa membuat lubang tersebut karena dia bisa menjelma menjadi ular naga yang merupakan syarat agar dia diakui sebagai anaknya Raden Aji Saka.

Demikian artikel tentang Tempat Wisata Bledug Kuwu, semoga bermanfaaat bagi pengetahuan Anda. Penelusuran yang terkait dengan Bledug Kuwu

wisata bledug kuwu, bledug kuwu grobogan, bledug kuwu purwodadi, legenda bledug kuwu, bledug kuwu mud volcano, sejarah bledug kuwu, bledug kuwu di

Artikel di cari :

amanat cerita bledug kuwu, pertaya kuwu, waterboom gubuk di purwodadi

Wisata geologi bledug Kuwu di Purwodadi | obyek wisata | 4.5