Tempat Wisata Pantai Parangtritis

gambar pantai parangtritis

gambar pantai parangtritis

Tempat Wisata Pantai Parangtritis

Lokasi Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta. Pesona keindahan tempat wisata Pantai Parangtritis di jogjakarta merupakan wisata paling favorit dikunjungi karena harga tiket masuk hanya 3.500 rupiah saja.

Menurut mitos Pantai Parangtritis diyakini sebagai bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan, Nyai Roro Kidul. Kepercayaan di sana agar setiap pengunjung tidak memakai baju berwarna hijau. Jadi disarankan kamu yang mau berwisata di sini untk memakai baju selain warna hijau.

Legenda Pantai Parangtritis yang lain adalah sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah Panembahan Senopati selesai menjalani pertapaan. Oleh karena itu tempat ini masih dianggap sebgai tempat keramat, jadi Anda harus menaati peraturan yang ada di tempat wisata Pantai Parangtritis ini. Selain itu Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Keraton Yogjakarta hingga saat ini.

Sebagai sebuah tempat wisata pantai di Jogja, Parangtritis memang sangat menarik untuk dikunjungi. Fasilitas di kawasan wisata pantai ini tergolong lengkap. Ada banyak sekali hotel dan penginapan dengan berbagai pilihan harga, termasuk hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang menawarkan pemandangan pantai yang indah.

Anda dapat menemukan berbagai toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogjakarta (Bantul), toko-toko kelontong, dan warung-warung makan. Aneka kuliner di wisata pantai ini adalah berupa masakan ikan dan makanan laut segar lainnya karena dibeli dan dimasak di tempat beserta pilihan bumbu masakan yang lezat. Karena harga makanan kulinernya yang murah, wisata pantai ini selalu menarik di mata para pengunjung.

List harga tiket masuk Pantai Parangtritis sangat murah meriah dan terjangkau , berikut ini daftar tarif yang berlaku di Parangtritis terbaru 2015 adalah :

  • Tarif tiket masuk Rp. 3.500,- per orang
  • Tarif tiket masuk motor Rp.1.000,
  • Tarif tiket masuk mobil Rp.5.000,
  • Tarif tiket parkir motor Rp. 2.000,
  • Tarif tiket parkir mobil Rp. 5.000,
  • Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- per 15 menit
  • Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- per 1 kali putaran

Jadi bagi Anda yang ingin berlibur di Yogyakarta jangan sampai tidak berkunjung di pantai ini, karena Pantai Parangtritis juga merupakan icon kota Jogja.

Artikel di cari :

Tempat Wisata Pantai Parangtritis | kitz | 4.5