Spot mancing dan wisata di waduk wonogiri

Spot mancing dan wisata di waduk wonogiri

Spot mancing dan wisata di waduk gajah mungkur

Spot mancing dan wisata di waduk gajah mungkur

Spot mancing dan wisata di waduk wonogiri – Waduk wonogiri atau yang di sebut waduk Gajah Mungkur ini, memiliki sejarah sehingga kita perlu  untuk mengetahuinya.

Sejarah waduk wonogiri atau Waduk Gajah Mungkur, sebelum tahun 1966 di daerah sepanjang Sungai Bengawan Solo sering terjadi banjir, dan untuk menanggulanginya dibangunlah Waduk Gajah Mungkur yang menenggelamkan 51 desa. Hal ini juga sesuai dengan program pemerintahan saat itu (orde baru), dimana banyak waduk yang dibangun di beberapa daerah, seperti Waduk Karangkates, Waduk Kedung Ombo, Waduk Jati Luhur, dan salah satunya adalah Waduk Gajah Mungkur. Walaupun sebetulnya pembangunan Waduk ini sudah diprogramkan sejak zaman Belanda.
Untuk Pembangunan Waduk Gajah Mungkur ini, dilakukan survey-survey pendahuluan yang selesai pada tahun 1983, tetapi pada tahun 1980, Waduk tersebut sudah mulai dialiri.

Asal nama Waduk Gajah Mungkur
Mungkin selama ini kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa nama Waduk Gajah Mungkur diambil dari Gunung Gajah Mungkur yang berada di sebelah Waduk. Jika memalaki nama desa atau kecamatan yang dibenamkan untuk pembuatan waduk tersebut , maka hal tersebut sangat tidak mungkin, karena ada beberapa kecamatan dan puluhan desa yang turut “disumbangkan” untuk proyek ini.
Kalau kita kebetulan mengunjungi waduk ini maka Gunung Gajah Mungkur dapat diamati dari monumen Bedhol Desa yang ada disebelah Timur bendungan. Tempat lain yang bisa digunakan untuk melihat gunung tersebut adalah dari daerah Nguter Sukoharjo. Menurut beberapa orang di sana dinyatakan gunung itu akan nampak jelas seperti wujud gajah ketika masih hijau namun ketikas musim kemarau dan gersang maka gunung itu tidak nampak jelas seperti Gajah Mungkur.
Nama Gajah Mungkur sendiri dapat diartikan sebagai sosok seekor gajah yang nampak dari belakang. Jadi gunung tersebut seperti “pantat” gajah yang mungkur (membelakangi).
Gunung tersebut seiring dengan pembuatan waduk serba guna dan ternyata memakai nama yang sama atau mungkin diambilkan dari nama gunung itu, tetapi yang terkenal justru Gajah Mungkur sebagai nama bendungan serba guna yang ada.

Spot mancing di waduk Gajah mungkur

Kita bisa mendapatkan ikan dengan banyak apabila menggunakan pelet umpan yang pas, biasanya di spot mancing waduk Wonogiri tempatnya berada pada hulu sungai yang mengarah pada waduk. Beberapa waktu lalu beberapa rekan saya mendapatkan ikan dengan besar sekitar 0.5kg jenis ikan Nila menggunakan pelet yang dicampur dengan lumut.

Artikel di cari :

deskriptif teks tentang waduk, jenis2 ikan yg hidup di sungai waduk gajah mungkur wonogiri, mancing di wonogiri, proses pembuatan waduk gajah mungkur

Spot mancing dan wisata di waduk wonogiri | obyek wisata | 4.5