Sejarah Peristiwa Berdirinya Kota Yogyakarta

Sejarah Kota Jogjajakarta

Kota Jogja merupakan salah satu tempat tujuan wisata di Indonesia. Sifat dan perilaku di kota ini masih kental dengan adat istiadat serta memiliki perilaku kesopanan yang membuat wisatawan dari manapun betah di kota ini.

Tahukah Anda bagaimana sejarah terbentuknya Kota Yogyakarta? Bila kita mau sedikit meluangkan waktu untuk belajar  tentang sejarah kota Jogja, maka kita akan mengetahui sejarah panjang dibalik berdirinya kota Jogja ini. Sejarah kota Jogja diawali pada tahun 1568 hingga 1586 dimana pada saat itu di pulau Jawa bagian tengah terdapat sebuah kerajaan yang disebut dengan kerajaan Pajang.

gambar sejarah kota yogyakarta

gambar sejarah kota yogyakarta

Kerajaan Pajang ini diperintah oleh Sultan Hadiwijaya atau yang lebih terkenal dengan nama Joko Tingkir. Pada masa itu pernah terjadi pertikaian dengan Arya Penangsang yang merupakan Adipati dari Kerajaan Jipang dimana dengan bantuan Ki Ageng Pemanahan dan Bagus Sutawijaya, Joko Tingkir berhasil keluar sebagai pemenang. Atas bantuan dan jasa yang telah diterima, Joko Tingkir akhirnya menghadiahi sebuah daerah yang disebut dengan Bumi Menataok yang akhirnya dibangun menjadi wilayah dengan nama Tanah Perdikan yang merupakan sejarah singkat kota yogyakarta cikal bakal Kerajaan Mataram dimana Bagus Sutawijaya mengangkat dirinya menjadi raja dengan gelar Panembahan Senopati.

Kerajaan Mataram ini berkembang pesat dibawah kepemimpinan Raja ke-3, yaitu Sultan Agung Hanyokrokusumo yang terkenal sebai seorang pejuang sejati karena berhasil mengusir mundur tentara VOC dari Batavia. Seiring dengan perkembangan waktu, di awal abad ke-18, setelah Raja Mataram saat itu, Sri Sunan Paku Buwono II meninggal, terjadilah pertikaian antar anggota kerajaan hingga pada akhirnya pertikaian internal tersebut bisa diselesaikan dengan dikeluarkannya perjanjian Ginyanti.

Isi Perjanjian Ginyanti yang dikeluarkan pada tahun 1755 tersebut adalah pembagian wilayah kerajaan menjadi dua. Yaitu: Kerajaan Surakarta hadiningrat yang diperintah oleh putra dari Sunan Paku Buwono III dan Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat yang diperintah oleh adik kanding Sri Sunan Paku Buwono II yang memiliki gelar Sultan Hamengku Buwono I. Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat inilah yang hingga saat ini disebut dengan Jogja.

Artikel di cari :

Sejarah Peristiwa Berdirinya Kota Yogyakarta | obyek wisata | 4.5