Sejarah Berdirinya Taman Pintar di Jogjakarta

Sejarah Berdirinya Taman Pintar

Siapa yang tak tahu taman pintar yogyakarta, salah satu obyek wisata yang ramai pada hari minggu ini banyak di kunjungi para wisatawan baik sekolah maupun umum. Lokasi Taman Pintar terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3 Yogyakarta Indonesia. Untuk biaya masuknya wisata ini  hanya 18 ribu rupiah.Sebelum mengunjungi alngkah baiknya mengetahui asal berdirinya taman pintar jogja ini.

Dahulu kala taman pintar merupakan area shopping yang mana tempatnya sangat kumuh sekali sehingga pada senin 20 Desember 2004 dilakukan peletakan batu pertama Genung Taman Pintar. Pembangunan Taman Pintar ini di lakukan beberapa tahap. Tahap pertama adalah Gedung Oval, tempat bermain Play Group dan PAUD, di susul dengan gedung Kotak, gedung Memorabia.

gambar logo taman pintar jogjakarta

gambar logo taman pintar jogjakarta

Gedung Oval ini merupakan tempat wisata yang menyajikan banyak pengetahuan hingga tingkat mahasiswa. Di dalam gedung oval terdiri dari Akuarium air tawar, kehidupan prasejerah manusia, tentang fisika, matematika, kimia dan Tata Surya. Banyak para pelajar dan mahasiswa datang ke taman pintar karena tempat yang nyaman dan memadahi. Seperti adanya layanan hotspot area di depan gedung oval. Mereka dapat mencari data di sana secara gratis.

Tahap pembangunan Sejarah taman pintar selanjutnya dari Gedung Oval adalah dilakukannya Soft opening satu oleh Mendiknas Prof. Dr. Bambang Sudibyo di Gedung Play Group dan PAUD pada 20 mei 2006. Di gedung PAUD ini anak-anak di sediakan beberapa permainan menarik. Anak-anak bebas mengekspresikan kemauan mereka di sana sesenang hati. Para orangtua pun juga tidak perlu takut, di dalam wahana ini sudah terjaga.

Setelah Soft Opening pertama untuk Play Group dan PAUD adalah pembangunan kedua oleh mendiknas dan Menristek Gedung Oval lantai satu dan dua dan Gedung Kotak lantai satu pada 9 Juni 2007. gedung ini diadakan pembangunan penyempurnaan.

Selain pembangunan gedung di Taman Pintar yang dihadiri oleh beberapa pertinggi. Di depan halaman taman pintar juga terdapat tapak tilas dari beberapa mantan presiden. Diantaranya tapak kaki dan tangan dari BJ. Habibie, Srisultan Hamengku buana X, Susilo Bambang Yudhoyono dll. Di halaman Taman Pintar juga terdapat semacam monumen yang bertuliskan nama-nama Presiden yang dulu pernah menjabat.

Fasilitas Taman Pintar Jogjakarta

Taman Pintar adalah satu-satu tempat wisata di Yogyakarta dengan segala aspek pembelajaran. Taman Pintar tempat belajar yang menyenangkan. Tempat belajar yang mencakup semua umur. Mulai dari anak-anak, hingga dewasa, Khususnya untuk pelajar. Di taman pintar menawarkan kegitan seperti Workshop, Kontes Robot, Panggung Kreatifitas, permainan Tradisional, belajar bermain Biola secara gratis dll. Taman pintar juga menyewakan tempat untuk para pelajar yang ingin mengadakan kegiatan sekolah secara gratis.

Taman Pintar salah satu tempat wisata di Jogjakarta yang menawarkan wahana bermain yang memberikan secara detail tentang beberapa materi yang berada di dalam sekolah. Di Taman Pintar memberikan alasan dan bukti secara kongkrit, hal ini agar para pengunjung mengerti alasan sebab terjadinya proses itu (baik itu proses matematika, fisika, dan kimia).

Taman Pintar hadir di Jogjakarta ingin menegaskan bahwa di Jogjakarta memang layak untuk di jadikan kota Pelajar. Mengingat hal ini pula, pihak pengelola Taman Pintar Tahun depan juga di percaya menjadi tuan rumah dalam rangka Penelitian Ilmiah seindonesia. Karena pada kesehariannya setiap kali diadakan lomba tingkat Nasional tuan rumah bertempat di Ibu kota, untuk tahun ini Jogjakarta menjadi tuan rumahnya.

Harga Tarif Masuk Taman Pintar Jogja

Informasi harga tiket masuk Taman Pintar Jogja sebagai berikut:

  • Anak-anak: Rp. 10.000,-
  • Dewasa: Rp. 18.000,- Untuk wahana tertentu pengunjung dibebankan biaya kembali

Tatif masuk Wahana Wisata:

  • Gedung PAUD: Rp. 3.000,-
  • Planetarium: Rp. 15.000,-

Wahana theater 3D:

  • Umum  : Rp. 20.000/orang
  • Pelajar: Rp. 15.000,-
  • Rombongan Rp. 15.000,- (Minimal 20 orang)

Wahana Bahari:

  • Umum  Rp. 4000/orang

Program Kreativitas:

  • Program Kreativitas:
  • Kreasi Batik Rp 5000
  • Kreasi Gerabah Rp 5000
  • Lukis Kaos Rp 30.000
  • Lukis Gerabah Rp 10.000
  • Hand On Science Rp 5000
  • Presenter TV Rp 10.000
Artikel di cari :

contoh teks editorial sampah, contoh teks editorial tentang sampah, cergam tentang kegiatan sekolah, tema bazar sejarah, teks eksemplum tentang terlambat sekolah, teks editorial tentang sampah, puisi tema ketertiban, puisi bertema taman beserta kerangkanya, Mendeskripsikan gedung, dialog tentang tata tertib sekolah, contoh teks editorial tentang perang terhadap sampah, contoh teks editorial perang terhadap sampah, contoh percakapan tentang tata tertib di sekolah, contoh dialog tentang pembangunan gedung, tema bazar sekolah

Sejarah Berdirinya Taman Pintar di Jogjakarta | obyek wisata | 4.5