Referensi Lengkap Obyek Wisata di Surabaya Terpopuler

Referensi Lengkap Obyek Wisata di Surabaya Terpopuler

Surabaya (Kota Pahlawan) adalah ibukota dari Provinsi Jawa Timur proklamator revolusi kemerdekaan Indonesia saat masa penjajahan dan merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia. Nama Surabaya itu sendiri pada awalnya bermula di era Majapahit, yakni sebuah sebutan untuk wilayah geografis di mana dalam mitos masyarakat lokal telah terjadi pertarungan yang hebat antara Sura (hiu) dengan Baya (buaya) untuk mendapatkan pengakuan yang sebagai hewan yang terkuat, sebagaimana yang pernah diramalkan oleh Jayabaya.

Referensi Lengkap Obyek Wisata di Surabaya Terpopuler

Referensi Lengkap Obyek Wisata di Surabaya Terpopuler

Surabaya kaya akan tempat pra-sejarah dan budayanya sehingga tidak dipungkiri memiliki banyak tempat wisata di kota ini. Selain itu banyak tempat wisata kuliner yang dapat dikunjungi. Berikut adalah referensi daftar objek wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan nusatantara dan mancanegara.

House of Sampoerna Surabaya

Gambar House of Sampoerna Surabaya

House of Sampoerna

House of Sampoerna merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang wajib dikunjungi karena museum yang berlokasi di Surabaya Lama ini merupakan bangunan bersejarah sekaligus museum yang menarik. Dengan bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok, House of Sampoerna merupakan tempat bersejarah yang dilestarikan negara. Museum House of Sampoerna mempunyai koleksi alat pengolah tembakau, foto keluaga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik, dan lain-lain. Selain itu kita juga dapat membeli souvenir dan melihat proses pembuatan rokok di lantai 2 House of Sampoerna.

Wisata Hutan Mangrove Surabaya

Wisata Hutan Mangrove Surabaya

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Wisata Hutan Mangrove Wonorejo adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang paling favorit untuk kategori wisata alam. Jauh dari keramaian kota, Hutan Mangrove Wonorejo adalah tempat yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Berlokasi deket dengan Bandara Juanda Surabaya, Hutan Mangrove Wonorejo menawarkan keindahan alam yang alami. Di Hutan Mangrove Wonorejo anda dapat berjalan menyusuri jembatan bambu di atas air dan menembus hijaunya Hutan Mangrove Wonorejo. Alternatif lain adalah menikmati Wisata Hutan Mangrove Wonorejo dengan menggunakan perahu.

Monumen Kapal Selam Surabaya

Gambar Monumen Kapal Selam Surabaya

Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan sebuah museum yang terletak di pusat kota Surabaya. Museum Monumen Kapal Selam adalah kapal selam yang sebenarnya. Dahulu kapal selam ini pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda. Monumen yang berlokasi di Jalan Pemuda ini sangat menarik untuk dilihat karena jarang sekali kita dapat melihat dan masuk ke dalam kapal selam yang sesungguhnya.

Tugu Pahlawan Surabaya

Gambar Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan merupakan sebuah monumen yang paling terkenal di kota Surabaya. Monumen yang terletak di Jalan Pahlawan ini mempunyai tinggi lebih dari 40 meter dan berbentuk sepeti paku terbalik. Tugu Pahlawan dibuat di atas lahan seluas lebih dari 1 hektar untuk memperingati dan menghormati seluruh prajurit Surabaya yang gugur dalam perang melawan para penjajah. Selain itu, di bawah tanah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisi foto-foto dokumentasi.

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Agung Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar adalah masjid yang megah dan modern, merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini adalah ikon religi kota Surabaya. Eksterior masjid ini dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama, semuanya dibuat dari kayu jati berukir. Bagian interiornya dihiasi oleh ukiran hias dan kaligrafi, sangat dominan menghiasi dinding masjid. Inilah sebab mengapa objek wisata di Surabaya yang satu ini diminati banyak penikmat perjalanan.

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu adalah jembatan di atas perairan selat Madura. Sesuai dengan namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dan Madura. Dengan panjang hampir mencapai 5,500 meter, Jembatan Suramadu adalah jembatang yang terpanjang di Indonesia. Dibangung dengan tujuan awal mempercepat pembangunan Madura, sekarang ini Jembatan Suramadu telah menjadi ikon sekaligus tempat wisata di Surabaya yang sangat terkenal.

Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah Surabaya

Jembatan Merah

Jembatan Merah Surabaya adalah saksi sejarah pertempuran heroik pada 10 November 1945 di Surabaya. Sejarah mencatat, peristiwa tewasnya Brigjend Mallaby pada bentrokan yang terjadi antara para pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di dekat Jembatan Merah pada tanggal 30 Oktober 1945 adalah alasan utama panglima sekutu di Jawa Timur mengeluarkan ultimatum pada tanggal 9 November 1945 kepada para pejuang Indonesia agar meletakkan senjata. Penolakan ultimatum oleh pejuang Indonesia membuat pasukan sekutu Inggris menyerang kota Surabaya keesokan harinya. Area sekitar tempat ini dahulu adalah daerah hunian dan perdagangan untuk orang Eropa di bagian barat, sedangkan bagian timurnya adalah daerah hunian untuk orang Cina, Arab, serta Melayu. Kawasan Jembatan Merah saat ini merupakan pusat perdagangan paling padat di Surabaya.

Ciputra Waterpark Surabaya

Ciputra Waterpark Surabaya

Ciputra Waterpark Surabaya

Ciputra Waterpark merupakan sebuah wahana wisata air yang terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark mempunyai tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti menyukainya. Kedalaman air di Ciputra Waterpark tidak dalam karena Ciputra Waterpark dibuat untuk bermain air, bukan berenang, kolam yang paling dalam hanya sekitar 1 meter saja sehingga bila anda tidak bisa berenang tidak perlu kuatir tenggelam. Harga tiket masuk Ciputra Waterpark adalah 70,000 Rupiah untuk hari biasa, dan 90,000 Rupiah pada akhir pekan. Untuk orang tua berusia di atas 60 tahun, harga tiketnya gratis, cukup menunjukkan KTP saja.

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya adalah salah satu tempat wisata di Surabaya yang populer. Berlokasi di Jalan Setail, dulunya Kebun Binatang Surabaya adalah kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara. Harga tiket masuk Kebun Binatang Surabaya yang mempunyai luas sektiar 37 hektar ini adalah 15,000 Rupiah.

Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul Surabaya

Taman Bungkul

Berada di Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul adalah tempat favorit untuk kumpul-kumpul warga Surabaya. Taman Bungkul di lengkapi dengan tempat bermain anak-anak, jogging track, amfiteater, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, internet, dan suasana hijau. Banyak acara hiburan dan kebudayaan yang digelar di Taman Bungkul. Apabila anda ingin berwisata kuliner, di Taman Bungkul juga ada banyak penjual makanan khas Surabaya.

Rumah Batik

Rumah Batik yang berlokasi di Jalan Tambak Dukuh mempunyai koleksi batik sebanyak lebih dari 2,000 lembar dengan corak dan motif yang berbeda-beda dan berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Rumah Batik ini pernah mendapatkan rekor batik dengan logo Surabaya Terbesar.

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya

Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya

Klenteng Hong Tiek Hian

Klenteng Hong Tiek Hian adalah klenteng tertua di Surabaya yang dibangun oleh pasukan Tartar pada zaman Khu Bilai Khan di masa awal Kerajaan Majapahit. Anda dapat menjumpai klenteng ini di Jl. Dukuh, di kawasan Surabaya Utara, tepatnya di daerah Pecinan. Di klenteng ini sering diselenggarakan acara-acara tradisional Cina, misalnya pertunjukkan wayang Pho Tee Hi. Terlebih lagi pada saat hari perayaan Imlek. Tempat wisata Surabaya yang satu ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran adalah tempat wisata di Surabaya yang terkenal bagi keluarga yang ingin menikmati suasana pantai. Selain menikmati suasana Pantai Kenjeran, pengunjung juga dapat memancing, membeli ikan, dan menaiki perahu. Saran saya, bawalah tikar untuk duduk-duduk santai di bawah pohon dan menikmati suasana Pantai Kenjeran. Terdapat juga sarana permainan anak di Pantai Kenjeran sehingga Pantai Kenjeran sangat cocok untuk kegiatan wisata keluarga.

Patung Buddha Empat Wajah Surabaya

Patung Buddha Empat Wajah Surabaya

Patung Buddha Empat Wajah

Inilah patung tertinggi di Indonesia yang telah dicatat MURI. Anda dapat menjumpai Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, sebuah pantai di kota Surabaya yang terkenal akan produk perikanan serta tempat nongkrongnya muda-mudi Surabaya.

Bangunan Patung Buddha Empat Wajah dikelilingi oleh 4 pilar, yaitu pilar hijau atau emas. Terdiri dari 3 bagian, yakni stupa, patung Buddha, dan singgasana Buddha. Patung Buddha dan takhta masing-masing memiliki tinggi 9 meter. Patung ini memiliki kemiripan dengan patung Buddha yang ada di tempat wisata Bangkok, yakni terdiri atas wajah perdamaian dan kesehatan, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

Museum Mpu Tantular Surabaya

Museum Mpu Tantular Surabaya

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular adalah kelanjutan dari didirikannya lembaga kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia oleh seorang warga Surabaya yang berkebangsaan Jerman, Von Vaber, pada tahun 1933. Museum ini memiliki 15.000 koleksi, mulai dari peninggalan masa prasejarah, peninggalan di masa kerajaan Hindu, Budha, Islam, serta masa kolonial. Lokasi Museum Mpu Tantular ini ada di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo. Harga tiket masuk museum adalah Rp 4 ribu per orang (dewasa) dan anak-anak Rp 3 ribu.

Museum WR Soepratman Surabaya

Museum WR Soepratman Surabaya

Museum WR. Soepratman

Di Museum WR. Soepratman ini Anda dapat melihat tulisan asli WR. Soepratman saat membuat lagu Indonesia Raya pada awalnya serta menyaksikan biola historis yang menemaninya saat membuat beberapa lagu kebangsaan. Lokasi museum juga berdekatan dengan makam salah satu pahlawan Indonesia ini. Anda dapat menjumpai museum ini di Jln. Mangga Tambaksari, Surabaya.

Pasar Turi Surabaya

Pasar Turi adalah pasar grosir di Surabaya. Anda dapat menemukan banyak barang di pasar ini. Inilah tempat wisata belanja di Surabaya paling memikat, harga yang murah dan ketersediaan barang yang lengkap adalah daya tarik utamanya. Pasar Turi ini terbagi atas dua segmen, yaitu pasar Turi lama dan pasar Turi baru. Masing-masing bangunan terdiri dari 3 lantai. Lantai bawah pasar Turi adalah lantai yang khusus menjual makanan dan minuman khas Surabaya seperti rujak, cendol, dan beberapa kue-kue tradisional Jawa Timur. Sementara lantai 2 dan 3 menjual berbagai barang garmen, elektronik, peralatan rumah tangga, sepatu, dan masih banyak lagi.

Artikel di cari :

asal usul pantai kenjeran, contoh paragraf deskripsi tentang keindahan alam pedesaan, kahanan wana bakau ing pesisir surabaya lor, paragraf campuran tentang bogor kota hujan, cerita tentang kebun binatang surabaya dalam bahasa inggris, kolamrenang di pondok candra surabaya, kolam renang sport club pondok candra harga tiket masuk, captions liburran di kolam, contoh teks eksemplum pahlawan, harga tiket masuk kolam renang pondok candra 2016, gambar tentang tema hiburan, gambar suasana perkemahan, tulusan parangtritis nganggo aksara jawa, crita kahanan wana bakau ing pesisir surabaya lor, contoh soal tentang dinas pariwisata, contoh sakubun lengkap, contoh recount text liburan ke suramadu, cerita liburan ke rumah paman dalam bahasa inggris, cerita liburan ke kebun binatang surabaya dalam bahasa inggris, cerita dewasa anak dan ibu

Referensi Lengkap Obyek Wisata di Surabaya Terpopuler | kitz | 4.5