Koleksi Museum Pesawat Terbang Dirgantara Mandala

Koleksi Museum Pesawat Terbang Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala -Museum Dirgantara Mandala berlokasi  di ujung utara Kabupaten Bantul dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sleman tepatnya di area komplek Pangkalan Udara TNI-AU Adisucipto Yogyakarta. Walau pun letaknya agak tersembunyi di dalam kompleks TNI AU , Akan tetapi akses menuju tempat ini sangatlah mudah. Karena hanya berjarak sekitar 200m dari jalan utama Janti (Ring Road timur) Jogjakarta. Dimana jalan ini banyak dilintasi oleh kendaraan umum, baik bus (antar kota maupun dalam kota) atau kendaraan umum lainnya.

Koleksi Museum Pesawat Terbang Dirgantara Mandala

Koleksi Museum Pesawat Terbang Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Mandala ini merupakan Museum Dirgantara terlengkap di Indonesia yang  menempati Area seluas lima hektar dengan luas bangunan sekitar 7.600 m2. Museum Dirgantara Mandala sejarahnya berasal dari penggabungan dua Museum yakni Museum Pusat AURI yang didirikan 1967 di Jakarta dan Museum Pendidikan atau Taruna yang sudah ada di komplek pendidikan AKABRI Bagian Udara Jogja. Pada 1977 keduanya kemudian digabungkan.

Koleksi Museum Dirgantara Mandala memamerkan benda-benda koleksi sejarah, antara lain : koleksi peninggalan para pahlawan udara, diorama, pesawat miniatur, pesawat terbang dari negara-negara Blok Barat dan Timur, senjata api, senjata tajam, mesin pesawat, radar, bom atau roket, parasut dan patung-patung tokoh TNI Angkatan Udara.

Dalam museum ini, para pengunjung dapat menyaksikan pesawat-pesawat dan benda sejarah dalam perjuangan TNI Angkatan Udara, sejak perang kemerdekaan sampai saat ini. Selain itu bisa dilihat pula diorama dari satelit Palapa dan kapal ruang angkasa Challenger, yang mengorbitkan satelit tersebut.

Koleksi museum dirgantara mandala

Koleksi museum dirgantara mandala

Gedungnya dibagi menjadi enam ruang. Yakni, RuangUtama, Ruang Kronologi I dan II, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama, dan Ruang Minat Dirgantara.

  • Ruang Utama
  • Ruang Kronologi
  • Ruang Alutsista
  • Ruang Diorama

Jika Anda tertarik untuk melihat museum ini silahkan kunjungi Museum Dirgantara Mandala ini, agar pengetahuan Anda semakin banyak tentang prasejarah Indonesia.

Demikian artikel tentang Museum Dirgantara Mandala, semoga bermanfaat bagi pengetahuan tentang tempat wisata yang ada di Indonesia. Artikel yang berkaitan dengan Museum Dirgantara Mandala, koleksi museum dirgantara mandala, alamat museum dirgantara mandala, museum dirgantara, makalah museum dirgantara, museum di jogja

Artikel di cari :

eksposisi tentang museum

Koleksi Museum Pesawat Terbang Dirgantara Mandala | obyek wisata | 4.5