Keindahan wisata di pantai Rancabuaya Garut

Keindahan wisata di pantai Rancabuaya Garut – Pantai rancabuaya memiliki potensi yang luar biasa untuk dijadikan tujuan wiwatan, namun Pantai Rancabuaya memang kurang promosi sehingga kurang begitu terkenal.Tempat Wisata Pantai Rancabuaya terletak di Daerah Garut Selatan.Pantai ini memiliki batu-batu karang besar dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang sangat besar.

Keindahan wisata di pantai Rancabuaya Garut

Keindahan wisata di pantai Rancabuaya Garut

Lokasi Pantai Rancabuaya Garut

Pantai rancabuaya terletak di Kabupaten garut, Jawa barat. Jarak kawasan Rancabuaya dari Ibu Bandung adalah 167 km, jarak dari Garut Kota adalah 105 km, dan jarak dari Kecamatan Caringin adalah 30 km. sedangkan tranportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah dengan menggunakan minibus. Pantai ini memiliki terumbu karang yang cukup besar, bahkan di pantai ini terdapat tebing yang cukup besar.

Hal inilah yang membuat pantai ini berbeda dari pantai yang lainnya, berbatasan langsung dengan samudra hindia dan memiliki karakter ombak yang besar, rata-rata tinggi gelombang kurang lebih 1 meter  dan material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai.

Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan gang gang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang.Yang membuat pantai ini tampil istimewa adalah air terjun atau curug yang menghadap ke pantai, pemandangan yang luar biasa. Pengunjung juga bisa melihat ikan kecil yang berada di sela-sela karang yang terbawa arus.

Fasilitas Pantai Rancabuaya Garut

Pantai rancabuaya memiliki pasir putih yang halud dan bersih, memiliki tingkat abrasi yang kecil. Wilayah sekitar pantai juga di tumbuhi oleh pohon ketapang dan kelapa. Luas pantai ini mencapai 1.525 ha. Pengunjung bisa melakukan banyak aktifitas wisata, salah satunya hiking atau tracking, fasilitas lainnya adalah sebagai berikut  :

  • Lesehan khas yang ada di pesisir pantai yang jumlahnya bisa terbilang cukup banyak.
  • Akses jalan yang mudah.
  • Podokan yang bisa disewa
  • lahan untuk parkir kendaraan yang cukup luas dan aman.
  • Saung-saung wisata yang disewakan

Area Pantai Rancabuaya Garut mempunyai dua buah villa milik mahasiswali dan dosen ITS, dan 4 buah penginapan dalam kondisi yang baik, 40 buah kios dengan kondisi baik, dan sebuah tempat parkir seluas 3 ha yang dapat menampung 100 bus, kondisinya masih dalam pembangunan dengan lapisan permukaan tanah dan vegetasi peneduh memadai.

Pantai Rancabuaya Garut memang kurang promosi sehingga kurang begitu terkenal. Tapi pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup besar yaitu dengan adanya akses jalan yang cukup lancar dan mulus sehingga mudah dijangkau.

Demikian artikel tentang Pantai Rancabuaya Garut semoga bermanfaat bagi info tempat wisata Anda. Penelusuran yang terkait dengan Pantai Rancabuaya Garut

rancabuaya garut, wisata pantai rancabuaya, pariwisata garut, hotel di rancabuaya garut, rancabuaya jabar, rancabuaya, letak rancabuaya, jalur rancabuaya

Artikel di cari :

Keindahan wisata di pantai Rancabuaya Garut | obyek wisata | 4.5