Berwisata dan Mengenal Sejarah Gunung Bromo Jawa Timur

Berwisata dan Mengenal Sejarah Gunung Bromo Jawa Timur

Obyek Tempat wisata Gunung Bromo di Jawa Timur, Satu lagi obyek wisata yang wajib dikunjungi bila sobat sedang berada di Jawa Timur. Gunung Bromo, mendengar namanya pasti kita akan terbayang suasana gunung yang dingin dengan kabut tebal dan kawah yang indah serta pemandangan matahari terbit yang begitu memanjakan setiap mata yang memandang.

Berwisata dan Mengenal Sejarah Gunung Bromo Jawa Timur

Berwisata dan Mengenal Sejarah Gunung Bromo Jawa Timur

Jalur ke Bromo dari Kab Probolinggo:

  • Tongas – Lumbang – Sukapura –  Ngadisari- Cemoro Lawang – Gunung Bromo
  • Ketapang – Patalan – Sukapura – Ngadisari- Cemoro Lawang – Gunung Bromo

Jalur ke Bromo dari Kab. Malang:

  • Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang -Penanjakan –  Gunung Bromo

Jalur ke Bromo dari Kab. Pasuruan:

  • Wonorejo – Warungdowo –  Tosari – Wonokitri – Pananjakan – Gunung Bromo

Jalur ke Bromo dari Kab.Lumajang:

  • Senduro – Bumo – Ranu Pane – Gunung Bromo
Sejarah Gunung Bromo

Sejarah Gunung Bromo

Sejarah Obyek Wisata Gunung Bromo

loading...

Sebelum kita Berwisata di Gunung Bromo Jawa Timur tidak ada salahnya kita mengenal sejarah gunung Bromo terlebih dahulu. Nama Bromo diambil dari kata Brahma yaitu dewa tertinggi umat Hindu. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang.Gunung Bromo terletak di empat kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang.Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 meter dpl. Bentuk fisik gunung Bromo  bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 kilometer persegi yang terdapat sebuah pura ditengahnya. Untuk mencapai kawah gunung Bromo dan lautan pasir gampang – gampang susah. Bila sobat tidak kuat untuk mendaki dengan berjalan kaki sobat bisa menyewa kuda dengan harga Rp 100.000.

Setelah itu sobat akan berhadapan dengan 250 buah anak tangga untuk didaki. Tapi jangan kuatir semua kelelahan sobat akan terbayarkan apabila sudah sampai di puncaknya. Sobat bisa sepuasnya memandang keindahan kawah gunung Bromo yang mengeluarkan asap dan padang pasir yang luas sembari menunggu datangnya matahari terbit bila sobat mendaki saat fajar, begitu indah.

Setahun sekali masyarakat Tengger penghuni kawasan gunung Bromo melakukan upacara Kasodo. Upacara ini diadakan di pura yang berada di kaki gunung Bromo utara dan berlanjut sampai ke puncak gunung Bromo.Upacara ini diadakan setiap malam bulan pernama pada tanggal 14 atau 15 bulan kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan jawa.Jadi bila sobat ingin Berwisata di Gunung Bromo Jawa Timur maka akan menyaksikan upacara tersebut, ingatlah tanggal tersebut.

Akses menuju gunung Bromo sendiri relatif mudah. Bila dari kota Surabaya sobat bisa meluncur ke arah selatan menuju Pasuruan.Kemudian sobat belok kearah Tosari trus ke Wonokitri hingga Penanjakan yang kesemuanya itu bisa ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan.

Sekedar tips untuk Berwisata di Gunung Bromo Jawa Timur, siapkan baju hangat yang cukup dan tutup kepala untuk mengurangi suhu dingin, mengingat disana suhu bisa mencapai 0 derajat celcius.

Artikel di cari :

contoh personal letter liburan ke gunung bromo, prentasi gunung bromo dalam bahasa inggris, sinopsis gunung bromo dalam bahasa inggris, contoh kerangka karangan tentang puncak gunung, percakapan bahasa inggris dengan turis di gunung, pengalaman ke gunung bromo bahasa inggris, geguritan basa jawa judul keindahan pantai delegan, deskripsi gunung bromo dalam bahasa inggris dan artinya, contoh surat pribadu tentang liburan kke gunung bromo, Contoh surat pribadi tentang mengajak teman mendaki gunung, contoh presentasi gunung bromo dalam bahasa inggris, cerpen liburan ke gunung bromo, cerita pengalaman liburan ke gunung bromo yang singkat, cerita liburan ke gunung bromo dalam bahasa inggris, brosur bahasa inggris tentang gunungr, brosur bahasa inggris tentang gunung, artikel gunung bromo bahasa inggris

Berwisata dan Mengenal Sejarah Gunung Bromo Jawa Timur | obyek wisata | 4.5